Untuk Kali Pertama, Ilmuwan Akan Ungkap Foto Lubang Hitam Simak Ulasanya

Dunia terlihat buat pertama kali bakal menyaksikan poto lubang hitam.

Pada Rabu minggu depannya, astronom dari pelosok dunia bakal menyelenggarakan enam pertemuan wartawan besar dengan cara simultan buat memberitakan hasil Teleskop Horison (EHT) yg memang berniat di desain buat tangkap gambar lubang hitam.

Hasil ini udah lama dinantikan.

Dari semuanya benda di alam semesta yg tak dapat disaksikan manusia, termasuk juga kekuatan hitam atau materi hitam, tak ada benda yg memancing keingintahuan sebesar lubang hitam.

Sejak mulai 1700-an, astronom udah mulai berspekulasi bab ” bintang hitam ” yg dapat menggunakan semua materi di antariksa itu, serta saat ini bukti-bukti tak langsung mulai terkumpul.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi

” Lebih dari 50 tahun yang kemarin, ilmuwan menyaksikan ada suatu hal yg sangatlah jelas ditengah galaksi kita, ” kata Paul McNamara, seseorang ilmuwan di Agensi Area Angkasa Eropa yang seseorang pakar bab lubang hitam.

” Lubang itu punyai data tarik gravitasi yg sangatlah kuat hingga bintang-bintang memutari mereka dengan cepat — secepat 20 tahun. ”

Jadi perbandingan, Tata Surya bumi butuh waktu 230 tahun buat memutari pusat galaksi Bima Sakti.

Kelanjutannnya, banyak astronom berspekulasi kalau titik jelas ini sesungguhnya merupakan ” lubang hitam ” — satu makna yg dicetuskan fisikawan Amerika Serikat, John Archibald Wheeler pada periode 1960-an.

Pada bagian dalam tepian lubang hitam yg bersifat cakram ini, tak diduga materi berubah menjadi sangatlah gelap.

” Ujung cakrawala ini, atau titik yg tak dapat dilalui kembali ini, bukan satu pembatas fisik. Anda tak dapat berdiri di atasnya, ” kata McNamara.

” Apabila anda ada di dalamnya, Anda tak dapat kabur lantaran Anda butuh kekuatan tak hanya terbatas. ”

EHT yg menyatukan data-data buat membuahkan gambar pertama lubang hitam ini tak seperti alat biasanya.

” Dibanding dengan membuat satu teleskop raksasa — yg bakal hancur lantaran karena amat beratnya — kami mengombinasikan hasil sejumlah pusat penilaian, seperti pecahan-pecahan cermin raksasa, ” kata Michael Bremer, seseorang astronom di Institut Radio Astronomi Milimetrik di Grenoble.

Pada April 2017, delapan teleskop radio yg menyebar di pelosok dunia –di Hawaii, Arizona, Spanyol, Meksiko, Chili, serta Kutub Selatan– diprogram buat merekam data dua lubang hitam di dua pojok semesta buat menyatukan data.

Artikel Terkait : Kewirausahaan Adalah

Analisa yg bakal dikatakan pada minggu depannya, terlihat bakal meluncurkan hasil analisa pada salah satunya lubang hitam itu.

Diramalkan banyak ilmuwan bakal meluncurkan penilaian pada lubang hitam Sagittarius A*, atau lubang hitam yg ada di pusat galaksi bumi.

Lubang hitam itu punyai massa empat juta kali lebih berat dibanding dengan matahari, yg bermakna lubang hitam punyai diameter 44 juta km..

Angka itu terdengar besar sekali, namun untuk teleskop yg dipasang di bumi serta berjarak 26 ribu tahun sinar (atau lebih kurang 245 triliun km.) , maknanya seperti memoto bola golf di permukaan bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *