Simak Belasan Rumah di Kuningan Rusak Parah Akibat Tanah Bergerak

Belasan rumah di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, rusak kronis karena pergeseran tanah yang berlangsung sesudah diguyur hujan lebat. Beberapa pemilik rumah juga sangat terpaksa mengungsi sebab kondisinya tidak wajar ditempati kembali serta cemas bangunan rumah ambruk.

Salah satunya lokasi yang terserang efek pergeseran tanah, ialah Desa Legokherang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan. Sejumlah besar rumah masyarakat rusak kronis serta retak retak dibagian dinding serta lantai. Belumlah ada laporan jatuh korban jiwa.

Baca Juga : Harga Batu Bata

Sekurang-kurangnya tiga rumah masyarakat di desa itu rusak kronis serta belasan rumah terdampak karena gerakan tanah. Tanah berjalan pun menyebabkan tebing setinggi 10 mtr. longsor serta tutup akses jalan masyarakat desa itu. Keadaan jalan desa pun alami ambles serta retak retak.

Beberapa pemilik rumah telah tinggalkan tempat tinggalnya sebab takut ambruk susulan waktu berlangsung hujan lebat kembali. Tanah berjalan ini karena keadaan yang labil dan di guyur hujan lebat.

Seseorang masyarakat Desa Legokherang, Rumsari menjelaskan, waktu peristiwa terdengar nada gemuruh saat hujan lebat. Ia serta keluarganya langsung berhamburan keluar rumah untuk selamatkan diri.

Artikel Terkait : Harga Pasir dan Batu

Kepala Desa Legokherang, Mulyadi menjelaskan, hujan lebat turun saat beberapa saat serta mengakibatkan pergeseran tanah serta beberapa rumah retak retak dindingnya. Untuk sesaat masyarakat yang terdampak mengungsi ke rumah sanak saudaranya.

“Pihak desa akan merelokasi masyarakat yang tempat tinggalnya rusak. Sebelum direlokasi petugas BPBD Kuningan akan menghadirkan petugas Tubuh Geologi untuk arah membahas terlebih dulu apa tanah itu masih tetap dapat dipakai untuk di menempati rumah,” tuturnya, Jumat (22/2/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *