Simak Baru direnovasi, gedung seni SD roboh

Baru tiga tahun mendapatkan sentuhan perbaikan, satu bangunan gedung kesenian SD Negeri I Bangun, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek rubuh.

Mujur, ambruknya ruangan belajar seni itu berjalan Kamis (3/10) pagi hari. Hingga tidak ada korban jiwa ataupun luka. Kepala Desa Bangun Puguh Hadi Santoso menjelaskan bencana berlangsung bertepatan dengan turunnya hujan dengan curah yang lebat.

Baca Juga : Harga Pipa

“Kita belumlah tahu apakah sebagai sebabnya. Akan tetapi diprediksikan sebab umur bangunan yang tidak dapat kembali menyokong beban,” katanya pada wartawan, Jumat (4/10/2013).

Sepengetahuan Puguh, tempat belajar mengajar itu dibangun seputar tahun 1984. Sebab keadaan yang tidak wajar, pada tahun 2010, pemerintah daerah lakukan perbaikan.

“Akan tetapi infonya yang diperbaiki cuma sisi atapnya saja. Jadi atapnya saja yang baru. Sesaat bangunan keseluruhannya peninggalan lama,” terangnya.

Berkaitan dengan bencana itu, Puguh mengakui telah memberikan laporan ke pemerintah daerah ditempat. “Serta bupati telah lakukan tinjauan ke tempat bangunan yang rusak,” ujarnya.

Artikel Terkait : Harga Ready Mix Beton Cor

Menyikapi hal tersebut Bupati Trenggalek, Mulyadi WR, pastikan rusaknya bangunan bukan karena kekeliruan mekanisme. Ambruknya gedung kesenian lebih karena umur bangunan yang telah tua.

“Walau atapnya baru, akan tetapi jika bangunanya tua serta tidak kuat pasti akan rubuh. Yang disyukuri, dalam momen ini tidaklah sampai menelan korban,” katanya.

Mulyadi janji akan secepat-cepatnya lakukan pembangunan lagi. Serta robohnya bangunan kesenian itu diyakinkan akan tidak mengganggu proses belajar mengajar.

“Karena yang rusak ini ruangan kesenian. Sesaat bangunan yang lainnya masih tetap berdiri dengan kuat,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *