Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Akan Berlangsung pada 2 Juni

Jakarta Pucuk arus penumpang di pelabuhan-pelabuhan yang diurus PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III pada musim libur Lebaran tahun ini diperkirakan berjalan pada H-3 (Minggu tanggal 2 Juni) untuk arus mudik. Mengenai untuk arus balik pada H+10 (Sabtu, 15 Juni 2019).

Prediksi itu disaksikan dari gagasan agenda kehadiran kapal yang dipastikan operator pelayaran, khususnya di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Emas Semarang, Tenau Kupang, Kumai, serta Sampit yang ramai pemudik.

“Berdasarkan data Pelindo III, arus penumpang pada musim libur Lebaran tahun awalnya tertera 454.059 serta diperkirakan bertambah jadi 467.730 orang pada tahun ini atau bertambah seputar 3 %. Diproyeksikan jumlahnya penumpang debarkasi (datang dari kapal) akan sampai 239.102 orang serta penumpang embarkasi (pergi) akan sampai 228.628 orang,” tutur VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata.

Dia menjelaskan, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya masih jadi yang tersibuk pada musim mudik tahun ini dengan dilayani oleh 195 unit kapal.

Selanjutnya beruntun Pelabuhan Gresik dengan 165 unit kapal, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan 120 unit kapal, Pelabuhan Tenau Kupang dengan 72 unit kapal, Pelabuhan Banjarmasin dengan 53 unit kapal, Pelabuhan Kotabaru dengan 49 unit kapal, baru pelabuhan-pelabuhan yang lain.

“Peningkatan jumlahnya penumpang searah dengan penambahan jumlahnya kunjungan kapal. Pada musim mudik Lebaran tahun awalnya tertera ada 781 kapal serta pada peristiwa yang sama pada tahun ini diperkirakan ada 805 kapal. Hingga diperkirakan akan ada penambahan seputar 3 %,” imbuhnya.

Sarana

Wilis Aji Wiranata mengutarakan, Pelindo III sudah mempersiapkan sarana terminal-terminal penumpangnya untuk kelancaran arus mudik.

Berkaitan segi keselamatan yang dikerjakan adalah pastikan terdapatnya alat pemadam api mudah (APAR) serta petugas pemadam kebakaran (PMK), tenaga kesehatan, ambulans, P3K, serta jalan evakuasi.

Dari bagian keamanan ada CCTV, mesin x-ray, metal detector, pos petugas keamanan, konsumen service, call center.

Setelah itu untuk segi kenyamanan adalah penyiapan ruang-ruang spesial, seperti ruangan nantikan, ruangan kesehatan, tempat beribadah, toilet bersih, dan ruangan menyusui serta perawatan bayi. segi kesetaraan seperti lift spesial difabel serta sarana kursi roda.

Artikel Terkait : Jadwal Kapal Terbaru

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *