Pemda Lampung Siapkan 2 Hektare Lahan Relokasi Rumah Korban Tsunami

Lampung – Sedikitnya 664 rumah rusak akibat bencana tsunami yang melanda Kecamatan Rajabasa dan Kalianda, Lampung Selatan. Pemda setempat berencana akan merelokasi warga ke lahan baru.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (4/1/2019), Dinas Perumahan dan Permukiman Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan kini telah menyiapkan 2 hektare lahan untuk didirikan 140 rumah bagi relokasi korban tsunami secara gratis.

Baca Juga : Jadwal Kapal Ciremai

Sementara itu, lokasi permukiman yang berada di tepi pantai yang terkena dampak tsunami akan dijadikan tempat wisata karena memiliki potensi dan pemandangan laut yang indah.

“Kita akan adakan pengukuran untuk menindaklanjuti rencana pembangunan relokasi tersebut,” kata Kepala Dinas Permukiman Lampung Selatan Burhanudin.

Sementara itu, geliat perekonomian warga pascatsunami di Kecamatan Rajabasa mulai kembali pulih. Sejumlah toko dan warung penyedia sembako yang terletak di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, sudah mulai buka. Meski demikian, belum banyak warga yang berbelanja karena sebagian besar masih berada di pengungsian.

Baca Juga : Jadwal Kapal Sirimau

Selain itu, Tim SAR dan personel TNI mulai membantu memperbaiki rumah warga korban tsunami yang rusak. Warga korban tsunami berusaha menyelamatkan bagian bangunan rumah yang masih bisa dipakai.

“Kita di sini sesuai dengan imbauan dari pemda itu sampai hari Sabtu,” ucap Koramil 03 Marga III Lampung Timur Kapten Infantri Syamsudin.

Proses normalisasi di kawasan ini menggunakan alat berat yang dilanjutkan dengan penanganan secara manual oleh Tim SAR dan TNI. (Muhammad Gustirha Yunas)

Baca Juga : Jadwal Kapal Tidar