Pelni Batasi “Free Bagasi” Penumpang Maksimal 40 Kg

Baubau : Buat pemakai moda transportasi laut terutamanya kapal Pelni, sekarang mesti batasi barang bawaan bila tidak mau dipakai penambahan cost.

Ini mengacu pada Ketentuan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (PM) Nomer 2 Tahun 2019 mengenai Elemen Cost serta Penghasilan yang Diakui Dalam Penyelenggaraan Angkutan Keharusan Service Publik Bagian Angkutan Laut untuk Penumpang Kelas Ekonomi, yang mulai diaplikasikan semenjak 27 Maret 2019.

Kepala PT Pelni Cabang Kota Baubau, Capt Akhmad Sadikin waktu di konfirmasi RRI membernarkan hal tersebut.

Baca Juga : Jadwal Kapal Pelni Terbaru

“Kita berdasar pada Permen paling baru yakni Nomer 2 tahun 2019 . Yang semula Pelni membebaskan 50 Kg, berkenaan karenanya ada Permen paling baru itu jika free bagasi itu yang di kalkulasi optimal 40 Kg. Jadi Pelni telah mengaplikasikan baru tempo hari, tanggal 27 Maret kemarin. Yang lebih dari itu dipakai sesuai dengan ketetapan yang laku,” jelas Kepala PT Pelni Cabang Kota Baubau, Capt Akhmad Sadikin waktu didapati di ruangan kerjanya, Kamis (4/4/2019).

Dalam Permen Perhub Poin b tentang penghasilan tambang muatan, keunggulan barang bawaan penumpang (over baggage/OB) persisnya di halaman 64 menerangkan, barang bawaan penumpang maximum diijinkan sekitar 40 Kg.

Tiap-tiap keunggulan barang bawaan penumpang akan dipakai tarif dengan memakai indeks konversi Unit Basic Unit Muatan (SDUM). Dengan formulasi perhitungan 1 Koli OB = 40 Kg dibagi 1000 Kg lalu dikalikan 0,44.

Baca Juga : Harga Tiket Kapal Pelni Terbaru

Akhmad Sadikin memberikan, untuk kenyamanan penumpang, Pelni pula sudah berlakukan “One Men One Seat”.

Program ini ditujukan jika setiap penumpang sah yang sudah kantongi e-tiket telah diyakinkan mempunyai tempat diatas kapal. Hingga tak perlu berdesak-desakan serta sama-sama berebutan tempat.

“Diluar itu program ini pula ditujukan untuk hindari praktik jual beli tempat tidur di atas kapal oleh calo,” paparnya.

Info Tambahan :

Bagiu anda yang sedang ingin melakukan perjalan jalur laut dengan menggunakan aramada kapal laut pelni, untuk mengetahui informasi informasi terbaru dan terupdate mengenai jadwal kapal pelni anda bisa cek di sini : jadwal kapal laut pelni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *