Menko Darmin Pastikan Kenaikan Harga Tiket Pesawat Bakal Dongkrak Inflasi

Jakarta – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat dalam beberapa waktu belakangan akan menyumbang kenaikan inflasi Januari 2019. Meski demikian, kenaikan belum akan berdampak besar kepada inflasi tahunan.

“Tentu akan ada pengaruhnya. Tetapi, inflasi itu bukan suatu yang statis. Pada saat kita sudah melihat ada kenaikan, buru-buru dikoreksi itu enggak akan kelihatan dampaknya secara ini,” ujar Darmin di kantornya, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Darmin melanjutkan, selama empat tahun terakhir ada tiga hal yang memberi dampak terhadap inflasi. Pertama harga pangan, kedua fluktuasi harga tiket transportasi, dan ketiga pendidikan.

Baca Juga : Harga Tiket kapal Awu Terbaru

“Selama empat lima tahun terakhir, inflasi kita itu bukan lagi memang pangan masih tinggi berpengaruh, tetapi selain itu dia perhubungan (tiket pesawat) baru setelah itu pendidikan. Tiga itu saja,” jelasnya.

“Tapi dia (tiket pesawat) bukan nomor satu. Kadang-kadang pada bulan tertentu dia bisa nomor satu, misalnya Lebaran dan habis Lebaran, Natal dan Tahun Baru itu bisa,” sambungnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga tiket, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sudah melakukan kebijakan pembatasan tarif atas dan tarif bawah. Namun, pada masa-masa tertentu, ada kenaikan drastis yang menggunakan tarif batas atas.

“Memang suka dimainkannya begini, di hari biasa dia main di sekitar tarif bawah, setelah itu peak season dia naik ke tarif atas. Di lapangan, akan terasa naiknya banyak. Tapi dia (maskapai) akan bilang aku kan enggak melanggar tetap di dalam range tarif, tapi memang agak besar nih range-nya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Darmin belum dapat memprediksi berapa sumbangsih kenaikan harga tiket pesawat terhadap inflasi Januari. Pihaknya akan menunggu rilis resmi yang akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca Juga : Jadwal Kapal Awu Terbaru

“Wah, saya enggak tahu berapa harganya, tarifnya berapa masing-masing. Itu nanti akan ada di datanya BPS setiap bulan itu ada. Jadi, jangan tanya sekarang. Awal bulan depan,” ucapnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Menko Luhut: Kita Tidak Boleh Intervensi Pasar soal Tiket Pesawat Tidak Boleh Intervensi Pasar soal Tiket Pesawat