Mau Tau Untung-Rugi Menyewakan Rumah

Menyewakan tempat tinggal yaitu investasi property yang banyak dikerjakan orang, karna dipandang gampang. Diluar itu, tingkat keinginan serta keuntungan yang cukup tinggi jadi daya tarik untuk investor property pemula.

Tetapi, janganlah silau dengan keuntungannya. Pasalnya, menyewakan tempat tinggal juga mempunyai kekurangan yang butuh di perhatikan investor supaya tidak tidak untung.

Baca juga: Harga Tiket Masuk BNS – Harga Tiket Masuk Selecta

Keunggulan
Tempat tinggal sewa mempunyai tingkat keinginan (permintaan) yang tinggi, terlebih di bebrapa lokasi yang tengah berkembang (growth center), yaitu lokasi yang berdekatan dengan akses tol, trade center, shopping mall, persimpangan berjalan-jalan paling utama, terminal, dan sebagainya.

Anda dapat pula pilih tempat tinggal di dekat perumahan-perumahan besar. Umumnya di sekitaran tempat itu juga akan terwujud permintaan pusat perbelanjaan, pendidikan, serta service kesehatan—yang juga akan jadi penyebab keinginan bebrapa tempat tinggal sewa.

Di bagian beda, capital gain bisa didapat dalam periode panjang (lebih dari lima th.). Umumnya, capital gain tempat tinggal sewa dengan rata-rata lebih tinggi dari tanah kosong. Pasalnya, tempat tinggal sewa mempunyai faedah segera, tidak seperti tempat kosong yang cuma mempunyai faedah tidak segera. (Baca : Langkah Mengkalkulasi Capital Gain)

Jika sesudah lima th. investor mengambil keputusan tidak untuk menjualnya, baiknya tempat tinggal itu disewakan. Umumnya harga sewa per th. (return) sekitar 5% dari harga tempat tinggal. Umpamanya harga tempat tinggal Rp600 juta disewakan Rp30 juta per th.. (Baca : Langkah Mengkalkulasi Return on Investment?)

Baca juga: Harga Pipa – Harga Ready Mix Beton Cor

Satu tahun lalu, apabila kondisi ekonomi stabil, harga sewa dapat dinaikkan sekitaran 10% – 15%, bergantung pada keadaan lingkungan tempat tinggal itu. Bila di lokasi itu sedikit tempat tinggal yang kosong, jadi kenaikan nilai sewa dapat menjangkau 15% atau sekitaran Rp45 juta per th..

Kekurangan
Satu diantara kekurangan investasi tempat tinggal sewa yaitu periode waktu penyewaan yang termasuk pendek, yaitu cuma satu hingga dua th., bergantung keadaan serta tempat tempat tinggal dan siapa penyewanya. Bila penyewanya yaitu ekspatriat, umumnya tempat tinggal juga akan disewa dalam periode waktu lebih panjang, pada dua sampai lima th..

Yang memiliki tempat tinggal harus juga betul-betul pilih penyewa yang baik. Sering berlangsung tempat tinggal yang disewakan cepat rusak saat disewakan pada penyewa yang kurang bertanggungjawab. Biasanya beberapa penyewa terasa tempat tinggal itu bukanlah kepunyaannya, hingga mereka kurang melindungi keadaan serta kwalitas bangunan tempat tinggal.