Kegunaan Semen untuk Bangunan Anda

Semen adalah bahan perekat atau lem, yang bisa merekatkan bahan – bahan material lain seperti batu bata dan batu koral hingga bisa membentuk sebuah bangunan. Semen sudah akrab digunakan untuk membangun pembuatan bangunan umum seprti, rumah, apartemen, dan tempat-tempat lainnya. Meski sudah sangat sering digunakan, Anda harus memperhatikan jenis-jenis semen yang tepat untuk kebutuhan bangunan Anda. Agar sebuah bangunan Anda menjadi bangunan yang kokoh dan tertata rapi sesuai dengan model aristektur yang mereka inginkan. Berikut adalah manfaat kegunaan semen untuk bangunan Anda:

  • Semen untuk pembuatan rumah

Semen yang digunakan untuk membangun rumah adalah semen portland tipe I, semen jenis ini merupakan semen hidrolis yang biasa digunakan untuk umum seperti pembuatan rumah. Yaitu dengan cara merekatkan ke batu bata, batako, maupun bahan lainnya sehingga rumahpun akan terbentuk sesuai aristektur dan memberikan keindahan dengan tatanan arsitektur yang benar.

  • Semen untuk pembuatan jembatan

Semen yang digunakan untuk membangun jembatan adalah semen portland tipe V, semen jenis ini sangat cocok untuk pembuatan jembatan karena mengandung sulfat tinggi sehingga cocok untuk pembangunan tanah atau air sehingga menjadi jembatan yang dibangun kokoh dan tidak mudah roboh dalam waktu cepat.

  • Semen untuk pembuatan saluran irigasi

Semen yang digunakan untuk membangun saluran irigasi adalah semen portland tipe II. Semen jenis ini juga sangat cocok untuk pembuataan saluran irigasi karena mempunyai ketahanan terhadap sulfat dan panas hidrasi sedang sehingga cocok untuk pembangunan saluran irigasi.

  • Semen untuk pembuatan jalan raya

Semen yang digunakan untuk membangun jalan raya adalah semen portland tipe III. Semen ini mempunyai tekanan awal yang tinggi untuk proses pengecoran sehingga bisa diselesaikan secepat mungkin untuk pembuatan jalan raya.

  • Semen untuk pembuatan jalan beton

Semen yang digunakan untuk pembuatan jalan beton adalah jenis semen portland tipe I, untuk penggunaan semen ini dibutuhkan cahaya matahari yang stabil, oleh karena itu memiliki sedikit kelambatan dalam proses penbuatan.

Harga Selengkapnya : Daftar Harga Semen

Baca Juga : Harga Bahan Bangunan

Sumber : www.hargaterupdate.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *