Kabar Bagus Menteri Basuki Bakal Sikat Pengembang Rumah Subsidi yang Nakal

Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono tidak main-main menindaktegas beberapa pengembang nakal untuk rumah subsidi. Pemerintah juga akan membuat tim pengawas yang bertugas mengawasi penyaluran Sarana Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) ke orang-orang berpendapatan rendah (MBR).

” Saat ini saya menginginkan masuk kesana jadi pengawas. Kan kita yang ngasih FLPP, kita mesti membuat perlindungan customer. Tempo hari di Balikpapan, Presiden juga katakan kelak kita bentuk tim pengawas, ” tegas Basuki di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Menurut Basuki, sampai kini penyaluran FLPP untuk Credit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi lewat perbankan. Bank lalu bekerja bersama dengan pengembang untuk membuat perumahan subsidi untuk kelompok MBR.

” Sampai kini kan pemerintah tidak masuk, cuma Bank BTN yang mengurusi administrasi, memiliki hak atau tidak. Nah saat ini saya ingin masuk. Th. ini saya juga akan bentuk timnya, ” ia menerangkan.

Basuki lebih jauh menjelaskan, banyak laporan atau pengaduan dari orang-orang berkaitan kwalitas rumah subsidi. Beberapa waktu terakhir, ada laporan dari warga atas praktek culas pengembang nakal yang telah terima DP, tetapi pembangunan rumah tidak kunjung terealisasi. Pengembang yang bertanggungjawab juga menghilang. Inilah guys biaya bongkar pasang ac 2018, cara pasang ac rumah sendiri.

” Bila dapat dibuktikan benar, kita blacklist. Saya mesti kerja sama juga dengan asosiasi, seperti Asosiasi Pengembang Perumahan serta Permukiman (Apersi), serta Real Estate Indonesia (REI). Lalu saya jadi pengawas tehnis, karna saya miliki hak karenanya, ” tandasnya.