Jumlah Penumpang di Bandara Batam Turun Drastis Hingga 14 Persen, Dipengaruhi Bagasi Berbayar

Batam : Pasca diberlakukannya pembayaran bagasi jika melebihi 7 kilo gram oleh maskapai Lion Air grup sejak 22 Januari lalu, Bandara Internasional Hang Nadim Batam mulai sepi pengunjung tujuan berbagai kota. Jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu rata-rata penumpang perharinya pada penerbangan normal sebanyak 7.000 penumpang, namun sampai hari ini hanya 6.000 penumpang.

Direktur Badan Usaha dan Bandar Udara Hang Nadim Batam, Swarso mengatakan, memang kecenderungan penumpang pasca mudik Natal dan tahun baru cenderung menurun dan akan kembali naik sepekan jelang Imlek.

Baca Juga : Harga Tiket Kapal Leuser Terbaru

Namun sejak diberlakukannya pembayaran bagasi, jumlah penurunan penumpang sangat fantastis, 10%-14%. Belum lagi pihak bandara harus berurusan dengan penumpang yang protes di konter check in karena tidak puas dengan penjelasan petugas dan minimnya sosialisasi dari maskapai, bahkan protes juga datang dari turis mancanegara.

“Ada wisatawan mancanegara yang protes terhadap kebijakan non free bagasi, mereka tidak dapat sosialisasinya, biasanya sosialisasi paling tidak 1 bulan, dan adanya pemberitahuan batas pembelian tiket. Saya mendapatkan masukan ini dari turis Singapura, namun yang bersangkutan tetap melakukan perjalanan, sempat membuat turis kurang nyaman, agar sosialisasi diperbanyak,” jelas Swarso di Bandara Hang Nadim, Kamis, (24/1/2019).

Swarso menambahkan,  dengan kondisi ini pihak bandara tidak berani menetapkan angka tinggi jumlah penumpang berpergian pada perayaan Imlek tahun 2019 ini prediksinya hanya sekitar 7.000 penumpang perhari, dan jumlah ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama yakni 7.800-8.000 penumpang pada lima hari perayaan Imlek.

Baca Juga : Jadwal Kapal Leuser Terbaru

Untuk diketahui, kebijakan pembayaran bagasi diatasi 7  kg yang di lakukan oleh maskapai Lion Air Grup dan Wings Air, sudahdiatu dalam peraturan Menteri Perhubungan No. 185 Tahun 2015 mengenai Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi,sesuai Pasal 3 dan pasal 22, Lion Air termasuk dalam kategori maskapai dengan pelayanan no frills (pelayanan dengan standar minimum).

Menurut informasi yang beredar maskapai Citilink pun juga turut memberlakukan kebijakan yang sama pada awal Februari 2019 nanti.