Inilah ‘Melempem’, Respons Saykoji atas Seteru Ben Utomo-Xhaqala

Rapper Igor alias Saykoji merilis lagu baru bertajuk Melempem lewat YouTube. Mengacu pada lirik, lagu itu merupakan diss track yang ditujukan kepada Gerry Konaedi yang dikenal dengan nama panggung Xaqhala.

“Gua tahu Gerry dan gua tahu dia cinta scene ini. This is good, man, hahaha. Let’s show this kid bagaimana caranya bikin diss track,” ucap Igor di awal lagu.

Sebelum lanjut lebih jauh, mari membahas awal-mula perseteruan antara Ben Utomo dan Xhaqala yang menarik perhatian Saykoji. Perseteruan berawal dari tulisan Xhaqala bertajuk Ketika ‘Battle Rap’ Keseleo di majalah daring HELL MAGZ.

Baca Juga : Harga Handle pintu Minimalis

Dalam tulisan panjang itu, rapper yang tergolong senior tersebut memulai artikel dengan menuturkan tentang MC contest di Amerika pada 1980-an, menyusul mengenai fresstyle battle dan battle rap, sebelum akhirnya sampai di beef battle, di mana dirinya secara spesifik menyindir salah satu acara yang populer di YouTube, yang digagas oleh Ben bersama All Day Music dan menempatkan Saykoji sebagai juri.

Setelah tulisan tersebut keluar, Ben membuat diss track bertajuk Basian, di mana di awal video menampilkan dirinya sedang membicarakan artikel Xhaqala bersama produser bernama Leztey.

Ben jelas mengejek Xhaqala lewat lirik yang ia tuangkan dalam lagu berdurasi dua menit. Mulai dari menyebut Xhaqala kere (miskin) sampai kemampuan rap yang rendah yang diumpamakan seperti anak Sekolah Dasar. Bahkan ia juga menantang Xhaqala untuk membuat diss balik dengan lirik “Silahkan diss balik bitch gue enggak takut”.

Butuh waktu dua minggu bagi Xhaqala untuk menjawab tantangan tersebut. Minggu (18/11) ia merilis lagu Phone Call From Hell lewat kanal YouTube HellHouse Indonesia. Dirinya membalas semua ejekan Ben lewat lirik dalam durasi empat menit kurang.

Artikel terkait : Harga Kusen Cor / Beton

Seperti penggalan lirik berikut:
Skill gua anak SD tapi skill lo cairan
Masih dalam biji ngegelantung di selangkangan

Ia juga sedikit membahas tulisannya sembari mengejek Ben, seperti penggalan lirik berikut:
Gua tulis tentang kalcer (culture)
Dibahas malah iler
Gimana jelasinnya sama orang yang gak pinter

Setelah Phone Call From Hell, Saykoji langsung muncul dengan lagu Melempem. Tidak berlama-lama, ia hanya perlu waktu beberapa jam untuk membuat musik dan lirik sederhana namun menggigit. Berikut penggalan lirik Melempem:

Gua tau netizen suka drama
Jadi gua kasih kagak pake lama
Tampar pipi kiri, nih yang kanan masih tembem
Suka sok sangar tapi liriknya melempem

Sebelum merilis Melempem, Saykoji sempat mengunggah potongan video Phone Call From Hell lewat Instagram. Terlepas dari perseteruan tersebut, Saykoji malah berterimakasih karena skena hip-hop kembali ramai.

“Thank you for this, Ger, scene ini akan makin ramai karena dimulai dari artikel elo,” tulis Saykoji.

Di antara tiga diss track tersebut banyak lirik yang saling berkaitan dan akan panjang bila dijelaskan lewat tulisan. Bila ingin mengerti, sebaiknya dimulai dengan membaca artikel yang ditulis Xhaqala sebelum mendengarkan ketiga diss track secara berurutan.