Inilah Jenis – Jenis Cat Berserta Fungsinya

Berbicara mengenai cat yang ada pada sebuah ruangan pastinya banyak sekali jenisnya. Bukan hanya cat tembok saja saat ini yang sudah begitu populer, melainkan juga cat khusus kayu atau bahkan besi yang mampu menghadirkan warna yang lebih indah.

Kini di Indonesia sudah banyak sekali merek cat yang dikenal banyak masyarakat yakni Duco, Emco maupun Avian. Sekarang ini harga cat kayu memang berbeda tergantung pada mereknya apalagi untuk ukurannya entah itu kecil atau bahkan besar sekalipun. Hal yang sama juga terjadi pada harga cat dinding.

Baca : Harga Cat Kayu Terbaru

Pastikan sebelum membeli cat, kita memahami terlebih dahulu jenis cat beserta fungsinya

  • Cat Alkyd Syntetic.  

Alkyd Syntetic merupakan jenis cat yang memiliki tekstur kilap (gloss) tinggi yang digunakan sebagai cat finishing untuk interior dan eksterior. Memiliki kelebihan yaitu kuat dan tahan terhadap beragam cuaca. Pada umumnya, jenis cat ini gunakan sebagai pelapis permukaan besi dan kayu.

  • Cat Emulsi Styrene Acrylic.

Pada cat ini terdapat campuran akrilik, jenis cat yang memiliki tingkat glossy tinggi ini biasanya masuk dalam kategori cat eksterior dan interior di mana cat ini memiliki daya yang kuat terhadap cuaca dan jamur. Cat styrene acrylic sangat tepat apabila digunakan untuk permukaan plesteran, beton, batako, asbes dan tripleks.

Baca : Harga Cat Besi Terbaru

  • Zinc Chromate Primer.

Zinc chrome merupakan jenis cat dasar yang digunakan untuk pelapis logam. Cat ini memiliki fungsi untuk menghindari karat-karat pada bagian logam. Biasanya digunakan sebagai pelapis pada logam, seng , besi dan lain sebagainya.

  • Cat Duco.  

Cat duco atau yang sering disebut dengan cat dempul. Cat ini digunakan sebagai cat dasar untuk menutup permukaan kayu atau logam sehingga permukaan kayu atau logam menjadi lebih rapat.

  • Cat Melamic. 

Terbuat dari bahan resin amino dan alkyd, biasanya digunakan untuk melapis permukaan kayu sehingga permukaan kayu menjadi lebih rata, dan menghasilkan tingkat glossy yang tinggi. Cat melamic ini cocok digunakan  untuk pengecatan kayu pada interior.

Baca : Harga Kusen Aluminium

  • Cat Stoving. 

Jenis cat stoving ini biasa diaplikasikan untuk proses  finishing cat pada logam.  Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari cat ini, biasa dilakukan proses tambahan berupa oven. Biasanya dipergunakan untuk pengecatan barang elektronik, logam, dan lain sebagainya.

  • Cat Thermoplastic. 

Thermoplastic adalah cat paling sering digunakan untuk pengecetan jalan.

  • Cat Epoxy.

Jenis cat epoxy ini mempunyai daya lekat yang kuat sehingga sering  digunakan sebagai penutup permukaan sebelum dilakukannya pengecatan. Jenis cat epoxy biasa dipergunakan untuk beton maupun logam.

  • Cat Polyurethane. 

Cat polyurethane memiliki tingkat glossy yang tinggi dan dapat digunakan sebagai anti gores.

  • Cat Remover.
Cat ini memiliki campuran emulsi dari bahan kimia yang dapat mengelupaskan cat lama yang ada pada dinding.

Sumber : www.hargaterupdate.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *