Info Terbaru Begini Cara Pemerintah Tekan Harga Pangan Saat Ramadan

Pemerintah lewat Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, sampai Bulog setuju untuk menghimpit gejolak harga pangan waktu Ramadan. Harga pangan dimuka Ramadan th. ini diklaim tidaklah terlalu naik-turun dibanding th. kemarin.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih mengungkap, terdapat banyak langkah pemerintah untuk menghimpit gejolak pangan waktu Ramadan th. ini. Pertama buat Ketentuan Menteri Perdagangan (Permendag) 20 th. 2017 yang mewajibkan distributor pangan untuk memberikan laporan ketersediaan pangan serta tidak menimbunnya.

Baca juga: Harga Kusen Aluminium

” Buat regulasinya, pertama Permendag 20 keharusan distributor untuk mendaftar on-line serta memberikan laporan stock di gudang. Untuk distributor yang memberikan laporan stoknya sudah pasti juga akan dilindungi oleh kita, ” kata Karyanto dalam diskusi tersedianya serta Distribusi Pangan waktu Ramadan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (28/5/2017).

Setelah itu, Kementerian Perdagangan juga menerbitkan Permendag nomor 30 th. 2017 mengenai Ketetapan Import Product Hortikultura. Dengan terdapatnya Permendag ini, diinginkan harga bawang putih yang melambung tinggi sampai Rp 60. 000 per kg sekian waktu lalu dapat turun ke Rp 30. 000 per kg.

” Sesudah ada regulasi Permendag 20, kita terbitkan Permendag 30 Tata Niaga Import Hortikultura. Di dalamnya ada bawang putih harga nya tiap-tiap minggu turun diinginkan hingga Rp 30. 000, ” tutur Karyanto.

Baca juga: Harga Pagar Besi

Bukan sekedar itu, Kementerian Perdagangan juga menerbitkan harga referensi bahan pangan yang terbagi dalam minyak goreng, gula pasir, serta daging sapi untuk pasar moderen. Daging sapi beku dibanderol di harga Rp 80. 000 per kg, gula pasir Rp 12. 500 per kg, serta minyak goreng Rp 11. 000 per liter.

Dengan diterbitkannya ketentuan ini, diinginkan pasar tradisionil dapat ikuti referensi harga itu.

” Terbitkan harga referensi, Permendag 27 serta sampai kini harga eceran teratas 3 komoditas minyak goreng, gula pasir serta daging diharuskan untuk ritel moderen jadi price leader, ” papar Karyanto.

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono memberikan, stock semua bahan pangan pokok sekarang ini aman. Ia menguraikan stock beras di Bulog ada 1, 84 juta ton serta produksi dalam negeri 49 juta ton.

” Bila beras saya begitu yakin stock awal Bulog 1, 74 juta, produksi kita sama dengan 49 juta ton. Ini bila saksikan tempat Mei serta Juni dari neracanya surplus, aman, ” kata Spudnik.

Diluar itu, supply minyak goreng sekarang ini menjangkau 2 juta ton serta termasuk aman. ” Stock awal 2 juta minyak goreng tempatnya 2 juta serta insya Allah bulanan Mei Juni tempat neraca aman, ” tutur Spudnik.

Persediaan gula pasir Bulog per 26 Mei 2017 yaitu 309, 6 ribu ton. Sedang untuk persediaan daging sapi 280 ton serta daging kerbau beku 35. 371 ton.

Tag: harga tv