Harga Rumah Subsidi Mau Naik, Pengamat: Idealnya 5% Berikut Ulasanya

Pemerintah akan meningkatkan harga rumah subsidi tahun ini. Kenaikan harga rumah subsidi diprediksikan dari mulai 3% sampai 7,5%.

CEO Indonesia Properti Watch (IPW) Ali Tranghanda memandang kenaikan harga rumah subsidi masih tetap lumrah. Bahkan juga, semestinya pemerintah telah mulai memberi patokan harga kenaikan rumah subsidi semenjak tahun kemarin.

Baca Juga : Denah Rumah Type 54

“Di PMK (Ketentuan Menteri Keuangan) tentang rumah subsidi kenaikan harga nya itu kan terdapatnya sampai tahun 2018, semestinya dari tahun kemarin telah ada patokan untuk 2019. Jadi ini cukup terlambat,” tuturnya pada detikFinance, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

“Jadi pengembang saat ini cukup bingung, telah masuk bulan pertama 2019 tetapi harga belum dinaikkan,” imbuhnya.

Ali menjelaskan, kenaikan harga rumah subsidi dibutuhkan sebab lihat terdapatnya inflasi. Menurut dia, nilai kenaikan harga rumah yang baik untuk rumah subsidi adalah sebesar 5%.

Artikel Terkait : Denah Rumah Minimalis Type 36

“Berarti memang itu mesti ada kenaikan, sebab inflasi semua jenis. Jika saya mengharap kenaikan masih tetap 5%. Jika pengembang maunya 10%” tuturnya.

Menurut dia, 5% adalah angka baik untuk penduduk. Bila lebih dari itu, kata Ali, jadi dapat memengaruhi daya beli penduduk. Karena, angsuran credit tentu jadi tambah mahal.

“5% itu telah lihat dari bagian potensi penduduk. Jika 10% daya beli takutnya jadi cukup menyusut,” katanya.