Berikut Timnas Indonesia Dua Kali Lewati Masa Kritis di Piala AFF

Timnas Indonesia memiliki pengalaman manis dengan dua kali lolos dari fase grup Piala AFF meski sempat berada di ujung tanduk.

Piala AFF 2018 menjadi cerita yang ketiga kalinya Timnas Indonesia terancam gagal lolos dari fase grup. Hanya meraih satu kemenangan dari tiga pertandingan membuat Tim Merah Putih menggantungkan harapan kepada tim lain untuk melanjutkan perjalanan di turnamen ini.

Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-1 dari Singapura di laga pertama, lalu bangkit di pertandingan berikutnya usai kalahkan Timor Leste 3-1. Sayang, di laga krusial Skuat Garuda tumbang 2-4 di markas Thailand.

Dengan menyisakan satu pertandingan Timnas Indonesia kini berharap pada ketangguhan Thailand untuk bisa mengalahkan Filipina dan Singapura.

Baca Juga : Harga Paving Block / Conblock

Selain bergantung pada hasil tim lain, Timnas Indonesia juga harus bisa mengalahkan Filipina di laga pamungkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (25/11).

Kendati demikian, Timnas Indonesia yang merupakan runner up lima kali Piala AFF punya kenangan manis dengan berhasil melaju ke babak gugur meski sempat berada di ujung tanduk saat di fase grup. Cerita itu terjadi pada edisi 2002 dan 2016.

Di Piala AFF 2002, Timnas Indonesia mengawali turnamen dengan kurang meyakinkan usai ditahan imbang Myanmar 0-0, meski akhirnya di laga kedua bisa menang 4-2 atas Kamboja.

Pada laga ketiga Piala AFF 2002 Timnas Indonesia kembali bermain imbang 2-2 dengan Thailand. Hanya meraih lima poin dari tiga laga membuat Timnas Indonesia terancam gagal lolos dari babak grup lantaran Myanmar dan Vietnam sudah mengantongi tujuh poin dari tiga pertandingan.

Beruntung di pertandingan terakhir Timnas Indonesia mengalahkan Filipina dengan kemenangan telak 13-1. Pada laga lainnya Myanmar dan Vietnam melakoni duel hidup dan mati, yang akhirnya dimenangi Vietnam dengan skor 4-2.

Artikrl Terkait : Harga Asbes Gelombang, Plastik, Transparan

Kemenangan atas Myanmar membuat Vietnam menjadi juara Grup A sementara Timnas Indonesia sebagai runner up usai unggul satu poin atas Myanmar.

Selain momen pada 2002, Timnas Indonesia juga sukses melewati ujian berat di fase grup Piala AFF 2016. Bahkan catatan pertandingan pada edisi tersebut lebih buruk dibanding Piala AFF tahun ini lantaran Timnas Indonesia hanya meraih satu poin dari dua laga usai kalah 2-4 dari Thailand dan diimbangi Filipina 2-2 di pertandingan kedua.

Akan tetapi di pertandingan terakhir Timnas Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Singapura, sedangkan Filipina yang menjadi rival utama kalah 0-2 dari Thailand. Tim Merah Putih pun lolos ke semifinal dengan menjadi runner up Grup A dengan unggul dua poin atas Filipina.

Menariknya, dari dua momen kritis tersebut Timnas Indonesia sukses mengakhiri perjalanan di Piala AFF 2002 dan 2016 dengan menjadi runner up usai kalah dari Thailand di final.