Benarkah Didesain Mirip Brasilia, Seperti Apa Bentuk Ibu Kota Baru RI?

Brasil jadi satu diantara negara yang sukses mengalihkan ibu kotanya semenjak 60 tahun kemarin. Ibu kota Brasil, Brasilia dibuat untuk beberapa orang kaya.

Hal tersebut diutarakan oleh Duta Besar Indonesia untuk Brasil periode 2010-2015, Sudaryomo Hartosudarmo waktu acara FMB9 mengenai Geser Ibu Kota Belajar dari Pengalaman Negara Teman dekat.

“Brasilia kota orang kaya memang, benar sekali, rumah-rumah besar serta untuk orang kaya. Yang kurang dapat di satelitnya, ada apartemen disana,” kata Sudaryomo di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Sudaryomo menerangkan, Brasilia dibuat untuk orang kaya sebab direncanakan serta dibuat dengan gagasan yang masak, tata daerah yang tersusun, serta bahkan juga telah futuristik.

Sampai saat ini, katanya, Brasilia sukses membuat kota-kota satelit yang ada di sektirar ibu kota Brasil yang baru.

“Yuri Gagarin bahkan juga sudah pernah menjelaskan saat datang di Brasilia, ‘saya terasanya datang di planet lain sebab kotanya mengagumkan.’ Kantor terpusat, lokasi perdagangan terpusat, hotel terpusat,” jelas ia.

Lantas bagaimana dengan di Indonesia?

Artikel Terbaru: bahan material

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan design pembangunan ibu kota Indonesia yang akan dikerjakan dengan rencana yang masak. Yang tentu, nanti ibu kota jadi daerah yang tidak seramai Jakarta jadi pusat usaha.

“Sebab kita tidak mau kota begitu besar yang munculkan persoalan kota tersebut. Contoh Melbourne, tidak sepi tetapi memang menyenangkan untuk ditempati. Tidak design kota ramai, besar, sebab ini cuma jadi pusat pemerintahan,” kata Bambang

Ibu kota negara Indonesia yang baru, kata Bambang akan diisi oleh 1,5 juta orang. Hingga, keadaannya akan ramai. Tetapi, pucuk sampai 1,5 juta akan tercukupi sepanjang 10 tahun sesudah diwujudkan.

“Saya tidak mungkin design kota sepi gunakan banyak uang. Saya design kota 1,5 juta masyarakat. Apa itu sepi?,” jelas ia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *