Apakah Parah, 10 Tahun Terakhir Harga Pangan Selalu Naik Saat Lebaran

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyatakan kalau sepanjang Ramadan sampai Lebaran 1438 Hijriah tak ada kenaikan harga komoditas pangan. Menurut dia, yang berlangsung cuma rutinitas berkali-kali tiap-tiap Ramadan yakni menambah harga-harga.

” Lebih dari 10 th. paling akhir ini, tiap-tiap Ramadan serta Lebaran senantiasa saja harga komoditas pangan dinaikkan, walau sebenarnya tak ada kenaikan harga serta supply beragam komoditas pangan itu juga tak ada problem, bahkan juga berlimpah, ” kata Mendag selesai meninjau Pasar Terpadu Dinoyo Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (30/6/2017).

Baca juga: Harga AC Standing – Harga Helm KYT

Ia meyakinkan tidak ada kenaikan harga bahan pokok itu berdasar pada data dari lapangan. Harga-harga bahan pokok itu juga tidak punya pengaruh pada angka inflasi, bahkan juga tiga bln. lantas berlangsung deflasi serta bln. lantas alami inflasi, tetapi begitu kecil.

Harga cabai rawit, tuturnya, tak ada kenaikan, yaitu seharga Rp30. 000 per kg. Begitu halnya harga komoditas yang lain, seperti beras, tidak berlangsung kenaikan harga. Untuk minyak goreng paket seharga Rp11. 000 per liter serta gula pasir seharga Rp12. 500 per kg.

” Bila ada retail yang jual lebih mahal dari harga eceran teratas (HET), juga akan kami segel, ” katanya.

Baca juga: Harga Baja Ringan – Harga Gypsum dan GRC

Menyinggung harga daging, Enggartiasto menyebutkan cukup stabil, yaitu daging fresh seharga Rp105. 000 sampai Rp120. 000 per kg serta daging beku seharga Rp80. 000 per kg.